-->

Keutamaan Al-Qur'an


Allah berfirman,
بَلْ هُوَ آَيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ وَمَا يَجْحَدُ بِآَيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَ
Bahkan, Al Quran itu adalah ayat-ayat yang nyata, yang ada di dalam dada orang-orang yang diberi ilmu..(QS. al-Ankabut: 49).

Orang yang rutin menyibukkan dirinya membaca Al-Qur'an mempunyai aneka macam keistimewaan sebagaimana dikutip Sayyid Muhammad bin Alawi al-Maliki dalam kitabnya Abwâbul Faraj, sebagai berikut:

Pertama, mereka diakui sebagai keluarga Allah (ahlullah) dan orang keistimewaannya yang terpilih.

Kedua, orang yang mahir membaca Al-Qur'an ditempatkan bersama malaikat-malaikat pencatat yang patuh kepada Allah yang selalu berbuat kebaikan.
Menurut al-Qurthubi sebagaimana dikutip dalam kitab Fathul Bârî, yang dimaksud mahir di sini adalah orang yang cerdas, maksudnya, hafalan dan tajwidnya sama-sama mempunyai kualitas bagus, tidak perlu mengulang-ulang.

Ketiga, Al-Qur'an merupakan hidangan dari Allah subhanahuwa ta'alâ. Siapa pun yang masuk ke sana akan mendapat jaminan keamanan.
Keempat, rumah yang dibuat untuk membaca Al-Qur'an akan dihadiri malaikat. Penghuni rumah akan merasakan bahwa rumahnya menjadi luas.

Kelima, rumah yang dibacakan Al-Qur'an akan menyinari penduduk-penduduk langit. Dan rumah tersebut sejuk dilihat.

Keenam, membaca Al-Qur'an terdapat kebaikan yang sangat banyak. Diantaranya adalah hati kita tidak pernah kosong karena di dalam dada si penghafal sudah di huni kalam-kalam ilahin.

Ketujuh, dengan membaca Al-Qur'an, orang akan menjadi baik, serta mampu menjaga sikapnya baik antara sesama muslim maupun sesama manusia.

Kedelapan, membaca Al-Qur'an bisa menjadi obat hati. Orang yang merutinkan membaca al-qur’an atau menghafalkannya maka hatinya akan tenang dalam situasi apapun.

Kesembilan, membaca Al-Qur'an dapat bermanfaat bagi orang yang membaca maupun kedua orang tuanya. Anak yang soleh akan menjadi faktor utama kedua orang tuanya masuk surga lebih-lebih anak yang bisa menghafalkan Al-qur’an serta mengajarkannya.

Kesepuluh, pembaca Al-Qur'an tidak akan merasa ngeri saat terjadi kegentingan hari kiamat. Al-qur’an juga sebagai benteng di akhirat nanti orang yang di dadanya tertanam kalam ilahi maka dia akan tenang dalam menhadapi kehidupan kelak (Akhirat).

Kesebelas, Al-Qur'an akan memberikan syafa'at (pertolongan) kepada ahlinya (orang yang biasa membacanya).

Keduabelas, orang yang membaca Al-Qur'an, pada hari kiamat, derajatnya akan selalu naik ke tempat-tempat yang atas.

Ketigabelas, membaca Al-Qur'an bisa meniupkan aroma wangi kepada para pendengar serta menyebarkan bau minyak kasturi. Wallau a'lam. (Ahmad Mundzir)
Subhanallah begitu agungnya Al-qur’an sehinggan yang membacan dan yang menghafalkannya memperoleh keutamaan yang sangat besar, semoga kita dan anak cucu kita termasuk yang ahli al-qur’an. Amienn

0 Response to "Keutamaan Al-Qur'an"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel